CEO PR Indonesia Apresiasi Petrokimia Gresik Dalam Optimalkan Platform Digital

Departemen Komunikasi Korporat PT Petrokimia Gresik saat menerima penghargaan di ajang The 9th Public Relation Indonesia Award (PRIA) 2024 di Denpasar, Bali. (Foto: Humas PT Petrokimia Gresik)

PRESKON.ID – Kinerja komunikasi Petrokimia Gresik, perusahaan Solusi Agroindustri holding Pupuk Indonesia kembali mendapatkan apresiasi di level nasional. Kinerja publikasi yang dimiliki perusahaan serta kinerja Departemen Komunikasi Korporat berhasil memborong tiga penghargaan sekaligus di ajang The 9th Public Relation Indonesia Award (PRIA) 2024 yang digelar di Denpasar, Bali, Kamis (7/3/2024).

Adapun program komunikasi Petrokimia Gresik yang mendapatkan prestasi di ajang kehumasan tersebut yaitu program Employee Influencer (EI) Squad Petrokimia Gresik untuk kategori Digital Public Relation dan video pofile pada kategori Owned Media. Atas inovasi tersebut, Departemen Komunikasi Korporat juga mendapatkan apresiasi untuk kategori Anak Perusahaan BUMN.

“Di era digitalisasi ini, peran komunikasi bagi Petrokimia Gresik sangatlah strategis. Untuk itu, kami selama beberapa tahun terakhir telah berupaya mengoptimalkan platform digital yaitu media sosial untuk menjadi media komunikasi bagi perusahaan. Alhamdulillah upaya kami mendapatkan apresiasi dari stakeholder,” ujar Sekretaris Perusahaan Petrokimia Gresik, Adityo Wibowo.

Adit, sapaan Adityo Wibowo mengungkapkan, salah satu program komunikasi yang sangat efektif dalam menyampaikan kinerja Petrokimia Gresik adalah EI Squad. Program ini merupakan program development yang membetuk karyawan terpilih menjadi influencer yang turut aktif dalam menyebarkan informasi positif tentang perusahaan.

Adapun beberapa tugas EI Squad diantaranya menyebarkan informasi penting perusahaan kepada internal unit kerja, serta menjadi kepercayaan perusahaan dalam menyebarkan citra positif ke audiens yang lebih luas. Selain itu, EI Squad juga menjadi support system dalam memitigasi dan menanggulangi krisis citra perusahaan.

“Media sosial sudah menjadi platform yang penting dan memberikan dampak signifikan dalam berkomunikasi. Setiap pengguna smartphone sudah bisa dipastikan mereka memiliki akun media sosial yang dimanfaatkan untuk personal branding, mencari maupun menyebarkan informasi. Perkembangan inilah yang sekarang kami optimalkan untuk membangun citra positif perusahaan melalui EI Squad,” jelas Adit.

Sementara itu, CEO PR Indonesia Group, Asmono Wikan mengungkapkan, Petrokimia Gresik selama ini mampu membangun komunikasi yang strategis. Kinerja Departemen Komunikasi Korporat juga telah menerapkan manajemen komunikasi yang strategis. Kinerja inilah yang mampu memberikan dampak positif bagi masyarakat dan bisnis perusahaan.

“Komunikasi yang baik dan terukur mampu memberikan kontribusi yang besar bagi bisnis perusahaan. Saya bangga, mengapresiasi dan  mendorong teman-teman Komunikasi Korporat Petrokimia Gresik untuk terus berkarya,” ujarnya.

Atas kinerja luar biasa ini lah Petrokimia Gresik juga dipercaya menjadi salah satu narasumber pada Workshop PR Indonesia 2024 untuk memberikan inspirasi kepada praktisi PR lain dari seluruh penjuru Indonesia.

“Saya melihat konsistensi Petrokimia Gresik dalam kinerja komunikasi telah terbukti. Tidak pernah ada kata lelah dari teman-teman Komunikasi Korporat Petrokimia Gresik untuk memperbaiki diri. Inilah yang menjadi alasan kami mengundang Petrokimia Gresik sebagai narasumber dalam acara workshop PRIA 2024. Kinerja Petrokimia Gresik inilah yang harus bisa diamplifikasi dan duplikasi oleh perusahaan lain sehingga mereka bisa tumbuh dan berkembang seperti Petrokimia Gresik hari ini,” tandasnya.

Terakhir Adit, mengungkapkan, komunikasi yang baik tentu tidak lepas dari kinerja positif semua unit kerja di Petrokimia Gresik. Karena sejatinya kinerja kehumasan merupakan buah dari kolaborasi dan sinergitas dari semua lini.

“Prestasi ini bukan semata-mata kinerja dari Departemen Komunikasi Korporat saja, tapi prestasi dari Insan Petrokimia Gresik. Kami memastikan diraihnya prestasi ini akan menjadikan kinerja Petrokimia Gresik kedepan semakin optimal,” pungkas Adit.

Sementara itu, PRIA merupakan ajang public relation bergengsi yang digelar oleh Majalah PR INDONESIA yang merupakan salah satu barometer kinerja kehumasan bagi praktisi PR korporasi/organisasi. PRIA adalah bagian dari komitmen PR INDONESIA dalam mengapresiasi kinerja humas yang unggul dari korporasi, kementerian, lembaga, dan pemerintah daerah di seluruh Indonesia. PRIA mencerminkan pencapaian tertinggi kinerja komunikasi korporasi/organisasi yang digelar setiap tahun. (esef)