Gus Yani Pimpin Ziarah Makam Waliyullah dan Makam Bupati Pertama Gresik

Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani atau Gus Yani saat memimpin rombongan ziarah di Makam Syekh Maulana Malik Ibrahim atau Sunan Gresik. (Foto: Humas Pemkab Gresik).

PRESKON.ID – Dalam rangka memperingati HUT Pemkab Gresik ke-50 dan Hari Jadi Kota Gresik ke-537, Bupati Gresik H. Fandi Akhmad Yani memimpin ziarah ke makam Waliyullah. Momen ini juga sekaligus menyambut datangnya bulan suci Ramadhan 1445 H yang sebentar lagi akan tiba.

Kegiatan ziarah diawali dengan mengunjungi makam Sunan Giri, salah satu ulama penyebar agama Islam di tanah Gresik di zaman dulu. Kemudian dilanjutkan ke makam Sunan Prapen dan Sunan Malik Ibrahim.

Tak ketinggalan, Gus Yani sapaan Bupati Gresik bersama Wabup Hj. Aminatun Habibah dan Forkopimda berziarah ke makam KRT Poesponegoro, Bupati pertama Gresik.

Ziarah yang dipimpin bupati tersebut berlangsung khidmat. Sebab seluruh rombongan yang ikut diajak untuk membaca surat Yasin dan Tahlil secara bersama-sama. Tak hanya itu, Gus Yani juga tampak menaburkan bunga diatas makam sebagai tanda penghormatan kepada para Aulia Allah.

“Alhamdulillah di hari ini kita masih diberi kesempatan untuk berkunjung ke makam para ulama pendahulu kita. Ini juga sebagai sarana silaturrahmi antara kami dengan para kepala OPD dan Forkopimda. Dan pada momen ini kami juga dapat bertemu langsung dengan masyarakat,” kata Gus Yani.

Gus Yani menuturkan, momentum ziarah ini adalah kegiatan yang harus dipertahankan dan dilestarikan. Sebab, menurutnya, ziarah merupakan momen untuk mengenang sekaligus penghormatan kepada para pendahulu.

“Ziarah ini rutin dilakukan, sebab kami ingin mengenang dan sebagai bentuk penghormatan bagi pendahulu yang telah berjasa untuk Gresik yang kita cintai ini,” katanya.

Dalam kesempatan itu pula, Wabup Gresik yang akrab disapa Bu Min menuturkan, bahwa selain rangkaian HUT Pemkab Gresik dan Hari Jadi Kota Gresik, kegiatan ziarah ini juga sekaligus menjadi momen untuk menyambut datangnya bulan suci Ramadhan. “Kami juga mengajak seluruh rombongan untuk bersama-sama berdoa bagi Kabupaten Gresik agar senantiasa aman, kondusif dan selalu dalam lindungan Allah swt,” papar Bu Min. (esef)