Hari Pertama Pendaftaran Mudik Gratis Pemkab Gresik Capai 548 Orang

PRESKON.ID – Hari pertama pendaftaran Mudik Gratis Bareng Gus Yani dan Bu Min di Kantor Dinas Perhubungan Kabupaten Gresik dipenuhi calon peserta. Mereka mendatangi kantor Dishub di komplek Terminal Bunder Jalan Lamongan, Gresik sejak Selasa (19/3/2024).

Jurusan favorit seperti Gresik-Madiun-Ponorogo-Tulungagung banyak diminati sejak awal dibuka pendaftaran. Diperkirakan kuota pendaftar sebanyak 1.500 peserta bakal terpenuhi dalam beberapa hari mendatang atau maksimal saat pendaftaran ditutup yakni tanggal 22 Maret 2024.

Berdasarkan pantauan di kantor Dishub Gresik, pendaftar mudik gratis bekerja sama dengan Bank Jatim ini datang saat loket pendaftaran dibuka pukul 08.00. Calon peserta sebagian besar ibu-ibu datang membawa foto kopi KTP dan KK serta mendaftarkan nomor WA mereka kepada 3 petugas Dishub yang melayani.

Setelah dicatat identitas dan menyerahkan salinan KTP dan KK, peserta mendapatkan selembar tiket. Di dalam tiket sudah tertulis nama, alamat, tujuan bus, nomor bus serta tanggal keberangkatan yang dilakukan serentak pada Sabtu 6 April 2024 mendatang.

“Saya bersama anak dan suami berencana mudik ke Madiun. Karena ada kegiatan mudik gratis ini Alhamdulillah bisa meringankan beban pulang kampung nanti,” kata Wiwik Suprihatin, salah satu calon peserta mudik gratis asal Kecamatan Cerme, Gresik.

Hal senada disampaikan Didik Hartono, warga perumahan Gresik Kota Baru yang berencana akan mudik ke Banyuwangi. Dia sengaja ikut mudik gratis karena di tempat kerjanya sudah mulai libur pada 5 April 2024.

“Mumpung sudah ada keputusan libur mulai 5 April dari kantor, jadi saya bisa mengikuti mudik gratis dari Pemkab Gresik 6 April nanti,” kata pegawai salah satu perusahaan di Manyar ini.

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Gresik Khusaini didampingi Kabid Angkutan Jalan, Suhartono mengaku lega kegiatan mudik gratis mendapat sambutan baik dari warga Gresik. Pihaknya sudah menyiapkan sejumlah meja pendaftaran di kantornya untuk melayani masyarakat Gresik.

“Dari pengamatan kami sejak pagi, rute selatan seperti Madiun, Ponorogo, Trenggalek, Nganjuk dan Ngawi banyak diminati calon peserta.

Mereka tidak hanya mendaftar sendiri, namun juga bersama keluarganya. Itu kenapa kami minta Kartu Keluarga, agar pendaftar bisa dipastikan anggota keluarganya untuk pendataan kami,” kata Suhartono, Kabid Angkutan Jalan Dishub Gresik.

Dikatakan, hingga Selasa siang pukul 12.00, total jumlah pendaftar yang mengikuti mudik gratis sudah tercatat 548 orang dengan perincian:

Rute Gresik-Pasuruan-Probolinggo-Situbondo-Banyuwangi ada 57 orang. Rute Gresik-Probolinggo-Lumajang-Jember tersedia 2 bus dengan jumlah yang sudah mendaftar 64 orang.

Rute Gresik-Malang-Blitar terdapat 12 orang pendaftar, Gresik-Jombang-Kediri- Tulungagung-Trenggalek ada 2 bus dengan pendaftar 60 orang.

Rute Gresik-Madiun-Ponorogo ada 3 bus dengan jumlah pendaftar 137 orang. Rute Gresik-Nganjuk-Madiun sudah ada 40 orang.

Rute Gresik-Madiun-Magetan ada 3 bus dengan jumlah peserta tercatat sudah 118 orang. Rute Gresik-Bojonegoro-Padangan-Ngawi disiapkan  2 bus dengan jumlah peserta 60 orang.

Dengan alokasi kursi bus yang tersedia 1.500 maka kegiatan mudik gratis ini bakal terpenuhi sebelum ditutup tanggal 22 Maret mendatang.

“Untuk itu sebelum kehabisan kuota kursi bus, sebaiknya mendaftar lebih awal lebih baik,” jelas Suhartono di sela pendaftaran peserta mudik gratis.

Dikatakan, kegiatan mudik gratis 2024 ini bertujuan membantu pemerintah dalam menjalankan program mudik Lebaran yang aman dan nyaman bagi para pemudik. (esef)