Top! Hafiz Cilik Asal Gresik Ini Ternyata Juga Mahir Mendalang

Muhammad Zubair Athaillah saat mendalang. (Foto: Istimewa)

PRESKON.ID – Seorang bocah berusia 7 tahun asal Gresik bernama Muhammad Zubair Athaillah boleh dibilang istimewa. Putra pasangan Hari Prasetya (35) dan Ririn Hidayah (34), selain piawai dalam menghafal Al-Quran, juga mahir mendalang.

Zubair, sapaan akrab siswa kelas 2 Madrasah Ibtidaiyah (MI) Miftahul Ulum tersebut saat ini telah mampu menghafal Al-Qur’an sebanyak 7 juz.

“Saya suka mendengar lantunan ayat suci Al-Quran, dari situ saya mulai belajar mengaji dari ibu,” kata Zubair, Rabu (3/4/2024).

Mengetahui putra semata wayangnya tertarik dengan ilmu Al-Quran, kedua orangtuanya lantas mengajak Zubair belajar mengaji ke sejumlah guru hafiz di Surabaya dan Gresik.

“Awalnya saya belajar menghafal surat-surat pendek. Alhamdulilah, sekarang sudah hafal 7 Juz,” ujarnya.

Sementara untuk keterampilan dalang, Zubair mengaku belajar dari sosok sang ayah. Kebetulan kakek Zubair juga seorang dalang, karena itu tak heran jika Zubair sedikit banyak mewarisi darah seni dari kakeknya.

Di dunia pewayangan, Zubair mengaku mengenal hampir semua tokoh wayang, terutama tokoh Brotoseno dan Gatotkaca. Saat pentas, Zubair membawakan suluk pedalangan bertema pitutur atau nasihat.

“Biasanya saya tampil saat perayaan Agustusan. Dan saya ingin memadukan antara dakwah Islam dengan seni wayang kulit,” ucap Zubair yang saat ini masuk sebagai nominator acara Festival Hafiz Indonesia 2024 di salah satu tv swasta.

Sementara Ririn Hidayah, ibunda Zubair, mengungkapkan bahwa untuk pencapaian menjadi nominator di acara Festival Hafiz Indonesia 2024 tentu bukan hal yang mudah. Butuh proses panjang dimana Zubair mulai belajar menghafal Al-Quran sejak umur 4 tahun.

“Alhamdulilah, berkat ketekunannya Zubair semakin berkembang dan kini ia menjadi salah satu nominator di festival Hafiz Indonesia 2024,” ucap Ririn. (esef)