Freeport Indonesia Gelar Grassroots Tournament 2024 di Lapangan Pasopati Banjarsari

Penutupan acara Freeport Grassroot Tournament 2024 di Lapangan Pasopati Banjarsari. (FOTO: Dok. PT Freeport Indonesia)

PRESKON.ID – PT Freeport Indonesia bekerja sama dengan Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) kembali menggelar turnamen sepakbola usia dini bertajuk Freeport Grassroots Tournament (FGT) pada 27–28 Juni 2024 di Lapangan Pasopati, Desa Banjarsari, Kecamatan Cerme, Kabupaten Gresik, yang diikuti 10 tim SSB.

FGT di Gresik ini adalah turnamen yang kedua setelah sebelumnya terlaksana di Jayapura. Freeport Grassroots Tournament ini merupakan wujud dukungan penuh PT Freeport Indonesia dan PSSI terhadap pengembangan sepakbola usia dini di Indonesia.

Penyelenggaraan turnamen ini diharapkan dapat menjadi wadah bagi talenta-talenta muda Indonesia untuk dapat menunjukkan permainannya sekaligus memberikan kesempatan dan pengalaman dalam perjalanan mereka mewujudkan cita-citanya menjadi pesepakbola profesional.

Ketua Umum PSSI, Erick Thohir mengapresiasi perhelatan turnamen yang juga digelar di berbagai daerah. Menurutnya jika turnamen sepakbola untuk anak-anak ini bisa digelar di banyak daerah, maka akan semakin banyak kesempatan yang diperoleh anak-anak daerah lain untuk bermain sepak bola dengan lebih seru dan lebih menyenangkan.

Ia juga berharapan jika di akar rumput berjalan baik, maka dampaknya akan bagus untuk sepakbola kita karena di akar rumput banyak anak-anak sudah terlibat.

Vice President Corporate Communications PTFI Katri Krisnati mengucapkan selamat kepada seluruh peserta Freeport Grassroot Tournament di Gresik.

“Semuanya adalah juara karena semua sudah berusaha keras dan berjuang. Ini salah satu bentuk perjuangan buat Indonesia juga ya adik-adik,” kata Katri Krisnati.

Katri juga menyampaikan terima kasih kepada PSSI atas kerja sama yang sangat baik dengan PSSI baik untuk pertandingan Timnas maupun kegiatan lainnya termasuk salah satunya Grassroot Tournament yang ditujukan kepada anak-anak yang ingin menjadi pemain sepak bola profesional.

“Jadi adik-adik harus tetap semangat karena semuanya perlu perjuangan,” ucapnya.

Katri menambahkan, tampil diberbagai turnamen sangat penting bagi anak-anak untuk mengembangkan karakter, mental dan psikologis anak-anak. Ia berharap, melalui turnamen ini anak-anak juga mengenal artinya sportifitas, fair play and respect atau saling menghormati sebagai bagian dalam pengembangan karakter terpenting pesepakbola yang handal.

Sebanyak 150 anak-anak kelompok usia 10 sampai dengan 12 tahun mengikuti FGT. Turnamen dirancang dengan panduan FIFA Grassroots Tournament, mengutamakan partisipasi dibandingkan kemenangan, dan para pelatih dapat memainkan semua pemainnya tanpa perlu mengkhawatirkan hasil pertandingan sehingga anak-anak dapat bermain dan bersenang-senang.

Pada akhir FGT diadakan juga acara penyerahan sepatu secara simbolis kepada seluruh peserta turnamen. PT Freeport Indonesia dan PSSI bekerja sama mengadakan pemberian sepatu sepak bola untuk anak – anak SSB di kota Gresik yang secara simbolis diserahkan oleh VP Corporate Communications PTFI Katri Krisnati dan Wakil Ketua PSSI Ratu Tisha. (esef)