Waroeng Kae Tawarkan Menu Berselera Pantura dan Nuansa Jawa Kuno

Waroeng Kae yang berloaksi di di Desa Kebonagung, Kecamatan Ujungpangkah, Kabupaten Gresik, menawarkan menu masakan berselera Pantura dan Nuansa Jawa Kuno. (Foto: Dok. Waroeng Kae)

PRESKON.ID – Sejak dibuka akhir tahun 2023 keberadaan Waroeng Kae yang berlokasi di Desa Kebonagung, Kecamatan Ujungpangkah, Kabupaten Gresik, telah menjadi salah satu jujukan bagi pecinta kuliner di Gresik Utara dan sekitarnya.

Waroeng Kae yang menawarkan beragam masakan khas masyarakat pesisir Pantai Utara Jawa, seperti otak-otak bandeng, kare kepiting, kelan sembilang, penyetan belut, camilan bonggolan dan lain sebagainya.

Dari segi arsitektur, Waroeng Kae juga terbilang artistik dimana nuansanya dibuat layaknya bangunan tradisional Jawa, yakni bangunan joglo lbeserta perabotan dan pernak-pernik era Jawa kuno. Suasana makin asri dengan hadirnya taman-taman buatan yang semakin memanjakan pengunjung.

Pemilik Waroeng Kae, H. Syaifullah Mahdi, mengatakan pembangunan Waroeng Kae juga sebagai bentuk dukungan Program Nawakarsa Bupati dan Wakil Bupati Gresik dalam upaya mengentas pengangguran serta mengurangi angka kemiskinan.

“Alhamdulillah, Waroeng Kae memiliki 30 lebih tenaga kerja yang merupakan pemuda-pemuda Desa Kebonagung dan Desa Pangkahwetan,” kata Syaifullah Mahdi, Minggu (17/3/2024).

Pria yang juga menjabat Kepala Desa Pangkahwetan, Kecamatan Ujungpangkah tersebut menambahkan, selain menawarkan variasi menu masakan yang lezat serta bangunan klaisk yang eksotik, pengunjung juga dapat menikmati buah-buahan secara gratis seperti rambutan, kelengkeng, rukem, mangga, dan sebagainya.

“Dan Waroeng Kae juga terdapat banyak lokasi yang bagus untuk dibuat foto-foto,” imbuh Syaifullah Mahdi. (esef)