Sempat Vakum Akibat Pandemi, Pawai Ogoh-ogoh di Gresik Kembali Digelar

PRESKON.ID – Setelah vakum selama masa pandemi Covid-19, masyarakat umat Hindu di Indonesia kembali diizinkan menggelar acara Tawur Agung Kesanga. Acara ini sebagai rangkaian perayaan Hari Raya Nyepi 2023 Tahun Saka 1945.

Perayaan tersebut tentu disambut gembira oleh umat Hindu, tak terkecuali oleh umat Hindu di Desa di Desa Laban, Kecamatan Menganti, Kabupaten Gresik. Dengan penuh gembira mereka menggelar acara pawai ogoh-ogoh. Belasan ogoh-ogoh dengan aneka bentuk diarak keliling desa.

Pawai ogoh-ogoh tersebut menjadi daya tarik tersendiri bagi masyarakat sekitar. Sejak sore mereka datang berbondong-bondong ke depan Pura Jagad Dumadi untuk melihat ogoh-ogoh yang akan diarak keliling desa.

Setelah pawai ogoh-ogoh tersebut kemudian dibakar di halaman pura. Ritual ini bertujuan untuk memberikan keseimbangan kepada alam agar bisa hidup harmonis berdampingan dengan manusia.

Setelah ogoh-ogoh dibakar masyarakat Hindu di Desa Laban dan sekitarnya kemudian melakukan Brata Penyepian yang dimulai dari Rabu (22/3/2023), jam 06.00 WIB sampai jam 06.00 WIB hari berikutnya. (esef)